PSPP Padang Panjang : Liga 3 Nasional

Oktober 11, 2024

Sebenarnya saya masih males buat menulis dengan topik sepak bola Indonesia. Meski ada beberapa momentum baik di tahun ini di sepak bola indonesia, dari sudut pandang saya. Beberapa nya tentu tentang kiprah Timnas di Piala Asia U-23 maupun di Kualifikasi Piala Dunia Zona AFC serta Semen Padang FC yang naik lagi ke Liga 1. Tapi tetap saja, arah dunia sepak bola Indonesia masih tidak jelas. 


Tapi ada satu berita baik yang sangat dekat dengan saya. Tidak terlalu mencorong tapi lumayan bikin bangga sebagai anak balai-balai. Beritanya yaitu PSPP Padang Panjang lolos ke Liga 3 Nasional 2024. 



PSPP Padang Panjang ini adalah tim kampung kami. Saya masih banyak menyimpan memori tentang tim ini, maka ketika mereka sampai ke Liga 3 Nasional, rasa bangganya juga sampai ke kami. Dulu ketika masih SMP sekitar tahun 2003-2025, PSPP Padang Panjang bermain di regional Sumatera Barat di piramida sistem sepak bola Indonesia, saya lupa nama pastinya. Kandang yang dipakai yaitu Lapangan Anas Karim, Gumala. Lawan kami waktu itu PSBS Batusangkar, PSKB Kota Bukittinggi. Saya lupa hasil pastinya, tapi seingat saya kami tidak lolos dari fase grup tersebut.



Tahun tahun berikutnya saya sudah merantau, PSPP masih berlaga di piramida liga indonesia yang bentuknya tidak jelas itu. Saya masih sering dapat info dari Ayah saya karena para punggawa PSPP menginap di Wisma Kereta Api Padang Panjang dimana yah bisa dibilang yang mengurus disana. Saat itu walikotanya masih Pak Suir Syam. PSPP sudah berlaga di kelas regional karna lawat yang dihadapi sudah tim-tim Riau Jami seperti PS Rengat. Beberapa kali Ayah juga ikut awayday bersama sesepuh olahraga di Padang Panjang.



Kemudian sepak bola indonesia makin tidak jelas. Sepertinya PSPP Padang Panjang hilang ditelan bumi. Barulah pada beberapa tahun terakhir, piramida sepak bola INdonesia lumayan beres. PSPP Padang Panjang akhirnya main lain lagi. Dan hasilnya, PSPP Padang Panjang jadi Juara 2 Liga 3 Regional Sumbar dan Lolos ke Liga 3 Nasional. Sejujurnya, saya gak expect PSPP Padang Panjang bisa maju sampai final regional Sumbar, apalagi lihat hasil pertandingan diawal-awal. 



Lengkapnya Liga 3 Sumbar bisa dibaca di wikipedia ini,

https://id.wikipedia.org/wiki/Liga_3_(Indonesia)_2023-2024



Lanjut ke tingkat nasional, PSPP bebenah. Upgrade pemain, cari sponsor, sama yang paling penting, upgrade jersey. Di regional, PSPP Padang Panjang pakai jersey tanpa apparel dan sponsor. Tapi sudah pakai warna dasar lambang kota, hijau kuning hitam. Untuk Liga 3 2024 Nasional ini mereka akhirnya bikin jersey dengan apparel lokal Sumbar, Limo, dan banyak tempelan sponsor. Apparel Limo juga menyediakan supporter version dengan harga yang terjangkau. Tanpa pikir panjang saya beli dong.



PSPP Padang Panjang jelas tidak bisa berbuat banyak di putaran 80 besar yang dihelat di Malang. Menang sekali tapi kalah 3 kali. Faktor utamanya jelas bukan skill sih, menurut saya. Yang paling ketara faktor jadwal. PSPP main di jam-jam jelek kayak jam 11 siang atau 1 siang. Tapi apapun itu, hasilnya sangat tidak mengecewakan.



Btw, Jersey PSPP ini saya pakai untuk waktu lari Half Marathon di Wellington Marathon 20204 dan main ski di Whakapapa resort. Keren coy, jersey nya.





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.